7 Cara Mudah Menanam Merawat Dan Manfaat Allamanda

7 Cara Mudah Menanam Merawat Dan Manfaat Allamanda


Tukang Taman Jakarta. Tentang 7 Cara Mudah Menanam Merawat Dan Manfaat Allamanda.
Untuk menanam bunga Allamanda dalam pot perlu di persiapkan alat dan bahan untuk memudahkan profesi kita. Diantaranya yang seharusnya kita siapkan yaitu pot, media tanam berupa tanah, pupuk sangkar, benih bagus dari biji maupun cangkok / stek batang, dan gembor.

BERIKUT CARA MENANAM BUNGA ALLAMANDA DI POT :

1. Menyiapkan Pot
Siapkan pot untuk media daerah menanam bunga "Allamanda". Pemilihan pot dapat disesuaikan dengan ukuran tanaman bunga alamanda itu sendiri, dengan lubang drainase yang cukup sehingga tak tergenang air ketikan dijalankan penyiraman.

2. Menyiapkan Media Tanam
Siapkan media tanam ialah tanah yang dicampurkan dengan pupuk sangkar yang telah matang atau kompos. Kompos atau pupuk sangkar akan menambah gizi pada media tanam. Tanaman bunga "Allamanda" bisa mengikuti keadaan dengan kencang jikalau gizi dimedia tercukupi.

3. Mengistirahatkan Media Tanam
Diamkan media tanam yang telah disiapkan selama 5 - 6 hari dan biarkan tersinari sang surya. Media tanam yang diistirahatkan bertujuan untuk membunuh benih-benih hama dan penyakit pada media tanam.

4. Penyiapan Benih
Penyiapan benih dapat dilaksanakan dengan sistem generatif (biji) atau dari vegetatif (cangkok, stek). Pilihlah benih yang benar-benar sehat tak terserang hama ataupun penyakit, daun segar tak layu dan berbatang cukup kokoh.

5. Penanaman Bunga Allamanda Dalam Pot
Sesudah itu yang kita lakukan yakni memindahkan benih bunga \"Allamanda\" dalam pot. Usulan benih pada pot yang telah siapkan. Posisikan benih tegak lurus lalu kita taburkan media campuran tanah + kompos yang telah disiapkan pada pot hingga rata dengan batas pada pot. Lalu, padatkan media tanam melainkan jangan terlalu padat supaya akar gampang berkembang.

6. Menjalankan Penyiraman
Penyiraman benih dijalankan ke semua tanaman dan media tanamnya sampai menyerap. Pakai embrat atau gembor untuk hasil penyiraman yang optimal.

7. Pemupukan
Untuk menjaga tanaman tumbuh dengan subur, pemupukan susulan perlu kita berikan. Faktor hara media dalam pot akan terus terkuras, dari itu perlu kita berikan pemupukan secara rutin agar elemen hara konsisten tersuplay. Pemupukan yang dapat teman berikan adalah dengan POC BMW + KOCOR BMW dengan dosis, 1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW + air 1 liter, dikocorkan pada media tanaman 1 gelas pot. Lakukan pemupukan ini secara rutin 1 bulan sekali.

7 Cara Mudah Menanam Merawat Dan Manfaat Allamanda

CARA MERAWAT BUNGA ALLAMANDA DARI TUKANG TAMAN JAKARTA

Menurut kami sebagai Tukang Taman Jakarta. Sebagian perawatan yang dapat kita lakukan antara lain:
Bersihkan sampah daun tua yang gugur pada media pot secara terstruktur .
Semprotkan insektisida hayati ANTILAT 4 hari sekali dengan dosis 4 tutup btl per 17 liter air.
Semprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 liter air untuk menyelesaikan penyakit tanaman.

Untuk menstimulasi pembungaannya dapat kita terapi dengan hormon perangsang bunga. Hormon perangsang bunga bisa menolong tanaman memproduksi bunga lebih pesat. Hormon perangsang bunga yang bisa teman berikan merupakan POC BMW dengan sistem disemprot pada tanaman bunga alamanda, dosisnya 2 tutup POC BMW + air 10 liter. Lakukan pemberian hormon perangsang bunga ini dengan interval 2 pekan sekali.

MANFAAT BUNGA ALLAMANDA

Dari pengalaman kami sebagai Tukang Taman Jakarta. Bunga Allamanda kecuali indah juga mempunyai manfaat yang lain. Kita bisa memakai akar, daun dan Bunga Allamanda sebagai bahan untuk obat-obatan. Daun Allamanda cathartica mengandung alkaloida, kulit batang dan buahnya mengandung saponin, disamping itu kulit batangnya juga mengandung tannin dan buahnya mengandung flavonoida dan polifenol.

Berikut manfaat tanaman bunga Allamanda :
Getah dari batang tanaman Allamanda, dapat dimanfaatkan untuk mematikan belatung dan juga jentik nyamuk. Daun "Allmanda" dapat digunakan sebagai obat luar untuk penyakit bernanah, eksim, nanah dan kurap.

Cukup dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, dan dibalurkan pada yang sakit.
Rasa daun "Allamanda" ini pedas, pahit, bersifat hangat dan berbisa. Berguna laksatif (pencahar), dan penyebab muntah (emetik).

Untuk mengobati demam. Rebus daun Allamanda dan masukkan dalam ember atau baskom. Dan pakai untuk menguapi badan yang panas. Untuk mengobati ambeien. Seduh daun Allamanda kemudian diminum.

Getah "Allamanda" yang berwarna putih mempunyai sifat antibakteri dan juga antibiotik yang bisa diciptakan sebagai obat penyakit kanker dan pencegah bakteri atau kuman. Bunga "Allamanda" juga awam dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa.

Akar "Allamanda" juga bisa diterapkan untuk mencegah penyakit kuning. Daun "Allamanda" cathartica berguna untuk penawar keracunan. Untuk penawar keracunan diterapkan +/- 15 gram daun segar Allamanda cathartica, dicuci, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit, dinginkan dan disaring. Hasil filter diminum dua kali sama banyak selang satu jam. Batang "Allamanda" keras dan bergetah, getahnya bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit disentri.

Demikian yang dapat kami Tukang Taman Jakarta. tulis semoga dapat berguna untuk kita segala. Alam memberikan tenaga positif untuk kita segala karenanya dekatkanlah dirimu pada alam.

0 comments: